Presiden Berharap Broadband Dongkrak UKM via e-Commerce

204431_jok460Jakarta – Presiden Joko Widodo punya harapan besar untuk menumbuhkan sektor usaha kecil dan menengah (UKM) dengan tersedianya akses internet pitalebar dari ‎barat hingga timur Indonesia.
Dengan dibangunnya Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS), presiden berharap broadband bisa ikut menumbuhkan sektor ekonomi kecil melalui e-commerce.
‎”Dengan pemanfaatan teknologi, ditambah dengan kemasan yang menarik, maka produk-produk yang ditawarkan UKM akan memiliki nilai tambah,” kata Jokowi saat peresmian di Manokwari, Papua Barat, Minggu (10/5/2015).
Rencana presiden untuk mengembangkan e-commerce sebelumnya sempat disampaikan kepada Menkominfo Rudiantara setelah melihat kesuksesan Alibaba di China.
Ia pun meminta kepada menteri-menterinya agar membuat roadmap e-commerce. Dengan demikian antar lembaga dan kementerian bisa sinergis.
Jokowi menilai, infrastruktur pitalebar yang dibangun Telkom akan memiliki peranan yang besar dalam rencana ini. Karena menurutnya, teknologi akan mempermudah komunikasi dalam perdagangan.
“Negosiasi, tawar menawar melalui pemasaran, marketing memanfaatkan e-commerce pada UKM, menggunakan teknologi ini bisa lebih mudah. Dunia sangat gampang berhubungan, antar kota antar provinsi, bahkan antar negara,” katanya.
“Terima kasih kepada Telkom yang telah mau membangun jaringan kabel optik SMPCS sehingga cita-cita ini bisa terwujud,” lanjut presiden.
SMPCS merupakan pembangunan jaringan serat optik yang menjangkau 8 propinsi dan 34 kabupaten di Kawasan Timur Indonesia. Propinsi yang dijangkau meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.
Infrastruktur dengan panjang total 8.722 kilometer itu menghubungkan Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia. Untuk merealisasikannya, Telkom harus mengeluarkan investasi sebesar Rp 3,6 triliun, untuk membangun infrastruktur yang terdiri dari dua paket yaitu paket 1 sepanjang 5.617 km dan paket 2 sepanjang 3.155 km.
Sumber: detik.com

Posted in News.